Thursday 13 January 2011

Dimsum

Ada yang suka Dimsum??
Dimsum itu makanan cemilan asal China. Dimsum atau Dianxin (dalam bahasa Mandarin) artinya “sedikit dari hati” atau “menyentuh hatimu”. Kata ini disunting dari frasa yi dian xin yi (sedikit tanda mata). Kemudian secara umum digunakan sebagai istilah untuk menyebut camilan ringan. Dimsum sudah dikenal sebagai makanan populer sejak ribuan tahun lalu. Biasanya dim sum disajikan dalam porsi kecil di dalam pengukus bambu atau di atas piring kecil.

 Ada beberapa jenis Dimsum favorit yang paling sering bikin orang ngidam, diantaranya:

:: Har Gao ::
Har Gao atau orang Indonesia biasa menyebutnya "Hakau". Hakau ini isinya udang cincang yang kemudian dikukus pake kulit yang dibuat dari tepung beras atau tepung terigu. Lembutnya udang cincang disalemnya bikin mulut pengen ngunyah terus, apalagi kalo pake saus sambelnya.., hmmm..


:: Saomai ::
Saomai atau biasa yang disebut dengan somay ini isinya bisa ayam, udang, atau bisa juga ayam dan udang


:: Fung Zao ::  
Fung Zao ini adalah ceker ayam. Ceker ayam ini diolah dengan cara digoreng, direbus, lalu di-marinate dalam black bean sauce kemudian dikukus. Hasilnya tekstur kaki ayam menjadi super lunak dan empuk.


:: Cheong Fun ::
Cheong fun ini terbuat dari tepung beras, dibentuk pipih dan lebar, diisi daging atau udang atau sayuran, kemudian digulung, lalu dikukus. Biasanya cheong fun disajikan bersama semacam soy sauce.


By the way, buat yang lagi bokek atau yang anak kosan kayak aq gak perlu nahan-nahan buat gak makan ni Dimsum. Soalnya di Orchid harganya cuma 10ribu per-porsinya. Tepatnya di Orchid Tunjungan Plaza, lantai 5, area foodcourt, sampingnya stingers persis. Disini Dimsum nya lebih gede dikit daripada di tempat-tempat lainnya, udah gitu murah pula..

Selamat Makaannn!!!

No comments:

Post a Comment